Materi BIMTEK PAI Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs

Materi BIMTEK PAI Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs
Administrasi Guru - Materi BIMTEK PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti)  Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs - Untuk memfasilitasi sekolah (SMP) meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan guru dan membantu sekolah mengimplementasikan K13, Direktorat PSMP menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) dan pendampingan pelaksanaan K13 bagi SMP. Bimtek dan pendampingan pelaksanaan K13 tersebut , dengan sejumlah program pendukung lainnya, diharapkan mampu menjadikan jumlah SMP pelaksana K13 rata-rata naik 25% setiap tahun.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan K13 yang dilaksanakan oleh Direktorat PSMP pada tahun 2015, masalah utama yang dihadapi oleh para guru dalam pelaksanaan K13 adalah dalam menyusun RPP, mendesain instrumen penilaian, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian, dan mengolah dan melaporkan hasil penilaian. Memperhatikan hal tersebut, bimtek dan pendampingan pelaksanaan K13 pada tahun 2017 pada tingkat SMP difokuskan pada peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dan penilaian, menyajikan pembelajaran dan melaksanakan penilaian, serta mengolah dan melaporkan hasil penilaian pencapian kompetensi peserta didik.
Untuk menjamin bahwa bimbingan teknik pelaksanaan K13 di semua jenjang baik nasional, provinsi, kabupaten/kota maupun sekolah sasaran mencapai hasil yang diharapkan, Direktorat PSMP menetapkan bahwa materi bimbingan teknik untuk semua jenjang tersebut menggunakan materi standar yang disusun oleh Direktorat PSMP bersama dengan Pusat Kurikulum dan Pebukuan dan Pusat Penilaian Pendidikan. Materi-materi tersebut didasarkan pada dokumen-dokumen dan ketentuan-ketentuan terakhir mengenai pelaksanaan K13. Setiap unit materi terdiri atas tujuan, uraian materi, tahapan sesi bimtek, teknik penilaian kinerja peserta bimtek, dan daftar sumber-sumber bahan untuk pengayaan. Selain itu, materi dilengkapi dengan sejumlah Lembar Kerja yang memberi panduan dan/atau inspirasi kegiatan bimtek.

Materi BIMTEK Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs

Materi Bimtek Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013. Materi ini terdiri atas 4 (empat) bagian yang disusun sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 berdasarkan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing materi terdiri atas tujuan, uraian singkat materi, lembar kerja bimtek, dan penilaian.
Materi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Materi 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian.
2. Materi 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
3. Materi 3: Praktik Pembelajaran dan Penilaian.
4. Materi 4: Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar.

Lebih lengkap mengenai Materi BIMTEK PAI Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 ini Bapak dan Ibu dapat langsung mendownload filenya dalam bentuk pdf pada link yang telah Admin sediakan berikut ini.
Download Materi BIMTEK PAI Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP/ MTs

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Kelas 2 Semester 2 Bahasa Jawa

Download RPP Kewajiban dan Hakku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Sunda Tahun 2020