Permainan Dalam Kegiatan Pramuka

Administrasi Guru - Permainan Dalam Kegiatan Pramuka - Dalam kegiatan pramuka sering di suguhi berbagai permainan yang seru yang membuat Pramuka menjadi sarana bagi setiap siswa untuk memperat kebersamaan maka dari itu Pramuka merupakan kegiatan eskul yang populer di setiap Tempat/Sekolah di Indonesia. Tujuan dari permainan yang dil aksankan yaitu untuk meningkatkan kerjasama, kekompakan dan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Berikut beberapa permainan favorite dalam permainan pramuka.

Permainan Pramuka

1. Permainan Pramuka Rebut dan Rampas
Nama permainan ini adalah Rebut dan Rampas. Dalam permainan ini kamu perlu mempersiapkan peralatan, yaitu tongkat atau sapu lidi yang dibagikan kepada setiap anggota dalam regu. Tujuan dari permainan adalah melatih kecekatan dan kekompakan setiap regu.

Teknis bermainnya yaitu diawali dengan semua peserta membentuk lingkaran, jarak antar orang kira-kira 1 meter. Setiap peserta memegang tongkat hingga dapat berdiri tegak di lantai.

Jika sudah ada kode instruksi “Ya”, tongkat harus dilepaskan dari pegangan dan peserta secepat mungkin menangkap tongkat teman yang ada di sebelah kanannya. Peserta akan mendapat diskualifikasi jika tongkat lebih dulu jatuh.
2. Permainan Petani dan Pencuri

Permainan berikutnya yang tak kalah seru adalah Petani dan Pencuri. Kamu perlu mempersiapkan alat yang tak sulit untuk didapatkan, hanya sebuah karet gelang, kantong kacang atau potongan kain, dan buah apel.

Permainan ini dimainkan untuk melatih kecepatan. Mulanya peserta membentuk sebuah lingkaran dan salah satu peserta yang menjadi pencuri harus menyingkir dahulu atau keluar dari ruangan. Saat pencuri itu di luar, harus ada salah seorang peserta yang ditunjuk sebagai petani.

Jika sudah siap, maka dimulailah permainan. Letakkan sebuah benda di tengah lingkaran. Lalu si pencuri tersebut datang dan berjalan mengitari lingkaran. Untuk mencuri benda itu, si pencuri dapat melalui dari sudut lingkaran mana saja. Lalu tugas petani adalah menangkap si pencuri saat sudah menyentuh benda tersebut.

Yang harus pencuri lakukan adalah berusaha untuk keluar dari lingkaran tersebut, melalui jalan masuk yang ia lewati tadi, dan pencuri dianggap berhasil dan selamat jika bisa keluar tanpa tertangkap. Jika pencuri tertangkap, maka petani tersebut menjadi pencuri, kemudian dipilihlah petani baru.
3. Loncat Berantai

Loncat berantai, permainan yang dilakukan untuk melatih kekuatan, kecepatan, dan kekompakan regu. Teknisnya, setiap peserta dalam satu regu membentuk barisan vertikal ke depan, dengan jarak antar orang yang berada di depannya adalah satu lengan. Kemudian semua peserta membungkuk.

Garis finish berada di 15 meter dari garis start atau dari posisi peserta yang paling depan. Jika permainan sudah dimulai, peserta paling belakang harus melompati teman-temannya hingga semua terlewati.

Saat sudah terlewati semua, peserta tersebut membungkuk kembali, kemudian peserta yang paling belakang berikutnya juga melakukan hal yang sama. Lompatan terus berantai hingga ada yang sudah sampai garis finish lebih dahulu, dan itulah pemenangnya.

4. Permainan Stick Goyang
Selanjutnya adalah permainan Stick Goyang, permainan ini memiliki banyak tujuan loh teman-teman. Permainan ini dimainkan bertujuan untuk melatih kekompakan dan sikap toleransi antar peserta, kemudian melatih diri untuk siap menghadapi segala rintangan yang ada, dan rela memberikan kesempatan kepada orang lain.

Peralatan yang digunakan dalam permainan ini yaitu tali pramuka yang diharapkan setiap peserta memiliki, kemudian tongkat bambu atau papan kayu dengan panjang 3 meter, dan mempersiapkan rintangan yang beragam.

Setiap anggota harus memegangi seutas tali, kemudian letakkan tongkat bambu pada utas tali tersebut dan tarik utasan tali hingga tongkat terikat kencang. Setiap regu harus menempuh sebuah perjalanan yang akan ada banyak rintangan.

Rintangan harus dibuat dengan sesulit mungkin untuk dilewati, sehingga setiap regu harus berusaha melewatinya dengan kerja keras agar tongkat yang dibawa tak akan jatuh.

Regu yang lebih dahulu sampai di pos terakhir atau pos finish dan tongkat bambu yang dibawa tak pernah jatuh, maka regu itulah pemenangnya.

5. Permainan Baut Barisan
Baut barisan adalah permainan dalam pramuka yang memiliki tujuan sangat bermanfaat. Tujuan permainan yaitu agar seluruh peserta dapat saling mengenal lebih jauh, dari mengenal fisik hingga mengenali masing-masing sifat mereka. Dengan begitu mereka akan merasa lebih dekat dan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan dalam berkelompok.

Pertama yang perlu dilakukan adalah membagi peserta menjadi dua kelompok yang sama banyak anggotanya. Jika jumlah peserta ganjil, maka salah seorang kakak pemandu dapat masuk ke dalam salah satu kelompok.

Dalam permainan ini, kedua kelompok tersebut akan membentuk sebuah barisan. Barisan akan dibentuk berdasarkan kode instruksi dari pemandu, yaitu seperti menyesuaikan tinggi badan, panjang rambut, usia, dan seterusnya.

Pemandu akan memberikan waktu hingga 10 hitungan, lalu selesai atau belum kelompok harus jongkok. Kemudian setiap kelompok mengecek apakah kelompok lawan melaksanakan instruksi dengan benar. Pemenang dalam permainan ini adalah kelompok yang dapat melaksanakan tugas instruksi dengan benar dan cepat.

6. TANGKAI  SAPU  AJAIB
Tujuan : Memberi kesempatan kepada peserta untuk saling mengenal lebih jauh lagi.
Bahan : Satu tangkai sapu.

Langkah-langkah :
1.   Peserta membentuk lingkaran, tangkai sapu di letakan di tengah lingkaran.
2.   Peserta diminta membawakan satu macem karakter. Tangkai sapu dimainkan sebagai benda yang ada hubungannya dengan karakter yang di bayangkan, bukan sebai tangkai sapu.
3.   Mereka diminta maju satu persatu ke tengah lingkaran untuk memperagakan karakter yang di bayangkan tersebut.
4.   Para peserta yang lain disuruh menerka identitas karakter yang sedang di peragakan.
5.   Seluruh peserta harus mendapat kesempatan memperagakan karakter khayalannya.

Perhatian
Latihan ini di maksudkan sebagai latihan agar peserta dapat menggunakan tubuhnya untuk menampilkan karakter khayalan. Spontanitas dan ketelitian harus di usahakan terus berkembang. Jangan ada dua karakter permainan yang sama. Kalau para peserta melihat satu karakter yang sama dengan yang sudah di peragakan, yang sedang memperagakan itu di minta untuk mengganti karakternya.

Variasi
Para peserta boleh memperagakan sebanyak mungkin karakter yang mereka inginkan.Di saat seorang peserta memperagakan satu karakter, peserta yang lain boleh ikut main dengan karakter itu.  Boleh menggunakan lebih dari satu benda, misalnya, tangkai sapu dan kain lap. Tergantung kapasitas para peserta.

8. PETA KEHIDUPAN
Tujuan : Kesempatan bagi peserta untuk saling mengenal. Menghilangkan hambatan yang di sebabkan oleh perasaan malu dan membangun keterbukaan dan saling percaya antara peserta.

Langkah-langkah :
Menggambarkan pengalaman pribadi, pengalaman khusus yang mengesankan, yang ingin di bagi kepada peserta lainya. Caranya, dengan menggambarkan garis kehidupan dari mulai lahir sampai saat ini. Bila pada usia tertentu ada peristiwa yang sangat membahagiakan, maka garis tersebut naik, dan sebaliknya bila peristiwa tersebut menyedihkan.

Pada titik tersebut bias diberi gambar yang menunjukan peristiwanya, contoh : pada usia 28 tahun menikah, maka pada titik tersebut bisa mnggambarkan pasangan pasangan pengantin atau lainnya yang di anggap sesuai dengan peristiwa yang di maksud prestasi masing-masing.

9. PETIK LARI
a.   Posisi awal : Di kiri kanan lapangan berbanjar satu, jarak antara barisan banjar 1 dan 2 15 m.
b.   Aturan bermain : Banjar 1 maju banjar 2 sampai jarak 1 lengan. Berhadap-hadapan. Banjar 2 telapak tangannya disiapkan untuk dipetik (seperti orang meminta) anak banjar satu memetik/menepuk tangan anak di depannya (banjar 2) dan cepat berlari ke tempat bawah garis semula.
Anak yang di petik mengejar dan menepuk anak yang lari sebelum garis batas. Yang kena tepuk berhenti. Anak yang kena tepuk dihitung tiap orang satu angka untuk yang menepuk.
c.   Penilaian : Regu yang mendapat angka terbanyak yang menang.

10. KERBAU DUNGKUL
Posisi awal : Lingkaran besar, duduk.
Aturan bernain : Anak no.1 tiap regu maju ke tengah. Merangkak berhadapan, berpasangan pundak bertemu dengan pundak lawan seperti kerbau dengan berlaga. Dengan aba-aba dari Pembina mereka saling mendorong. Siapa yang paling mendorong lawannya mendapat angka.

Anak yang lalin memberi semangat dengan bernyanyi dan bertepuk/bersorak. Permainan dilanjutkan dengan giliran anak no. 2 dan 3 sampai semua anak mendapat giliran.

Penilaian : Regu yang paling banyak mendapat angka jadi juara. Permainan ini hanya untuk penggalang putra.

11. KUCING DAN TIKUS
a.   Posisi awal : Perlombaan, terbuka empat bersatu. Bergandengan tangan sengga seperti lorong-lorong yang pagari anak.
b.   Aturan bermain : Tunjuk seorang dari barung/regu  A untuk menjadi “Kucing” dan semua nanak barung/regu B menjadi “Tikus”. Anak yang lain membentuk barisan perlombaan terbuka dan bergandengan tangan. Kucing berdiri di luar barisan. Tikus berdiri tersebar dalam lorong-lorong.
Dengan tanda dari Pembina, Kucing mulai mengejar Tikus untuk di tepuk. Kucing maupun Tikus hanya boleh lari lewat lorongdan tidak boleh memutus/melanggar pagar. Jika Pembina meniup peluit cepat-cepat pagar hadap kanan dan bergandengan lagi.
Tikus yang kena tupuk, tidak boleh meneruskan permainan dan berdiri di luar barisan. Setelah 5 menit bergantian, sekarang regu C jadi Kucing dan regu D semua anggota jadi Tikus. Permainan diteruskan tiap lima menit sampai semua regu mendapat giliran jadi Kucing.
c.   Penilaian : Setiap Kucing menepuk Tikus dapat angka 1, setiap Tikus yang kena tepuk mendapat angka kurang 1, regu yang mendapat anak terbanyak menang.  Sumber : https://deweezz.com/permainan-pramuka-siaga-lengkap/ http://www.dadangjsn.com/2015/02/contoh-permainan-game-seru-dalam.html , dan https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan

Masih banyak permainan menarik lainnya yang telah Admin sediakan dalam satu file yang tersimpan dalam ms.word dari berbagai sumber yang bisa Bapak dan Ibu gunakan di Sekolahnya masing masing agar kegiatan pramuka semakin menyenangkan. Silahakn untuk mendownloadnya pada link di bawah ini.
Download Permainan Dalam Kegiatan Pramuka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Kelas 2 Semester 2 Bahasa Jawa

Download RPP Kewajiban dan Hakku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Sunda Tahun 2020