Silabus PJOK Kelas 10, 11, 12 SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017

Silabus PJOK Kelas 10, 11, 12 SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017 Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran pada K13. PJOK merupakan  bagian integral dari program pendidikan nasional, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan aktivitas jasmani terpilih dan dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pembekalan pengalaman belajar itu dilakukan dengan multi tujuan, multi metode, multi sumber dan media dengan menjadikan peserta didik sebagai subyek pembelajaran. Proses dan hasil pembelajaran diukur  menggunakan penilaian berbasis kinerja untuk menjamin kompetensi yang diharapkan benar-benar telah dicapai. Dengan ini diharapkan peserta didik sebagai bagian sumber daya bangsa Indonesia masa depan siap menghadapi tantangan abad 21. 

Download Silabus PJOK SMA/MA/SMK/MAK K13 Revisi Tahun 2017 Kelas 10, 11, 12 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaianya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktifitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.
Silabus PJOK Kelas 10, 11, 12 SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017
Ruang lingkup materi mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk SMA/MA/SMK/MAK terdiri dari:
a. Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil
b. Aktivitas bela diri
c. Aktivitas atletik
d. Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani
e. Aktivitas senam
f. Aktivitas gerak berirama
g. Aktivitas air dan keselamatan diri
h. Kesehatan 

Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran pada Silabus PJOK Kelas 10, 11, 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017

Berikut akan Admin paparkan sekilas mengeni KD, Materi dan Kegiatan Pembelajaran PJOK SMA/MA/SMK/MAK K13 Tahun 2017 Kelas X, XI, XII.

KELAS X
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yangbaik*)
4.1 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan gerak salah satu per-mainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik *)

3.2  Menganalisis keterampilan gerak salah satu per-mainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
4.2 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk meng-hasilkan koordinasi gerak yang baik*

3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk meng-hasilkan gerak yang efektif * )
4.3 Mempraktik- kan hasil analisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif *)

3.4 Menganalisis keterampilan gerak seni dan  olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **)
4.4 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan gerak seni dan  olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **)

3.5 Menganalisis konsep latihan  dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
4.5 Mempraktik-kan hasil analisis konsep latihan  dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai.
4.6 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai.

3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama.
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama

3.8 Menganalisis keterampilan satu gaya renang ***)
4.8 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan satu gaya renang ***)
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat.
4.9 Mempresen-tasikan konsep dan prinsip pergaulan yang sehat

3.10 Menganalisis berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika,  zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
4.10 Mempresent-asikan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya.

Materi Pembelajaran
Sepakbola:
• Mengumpan bola
• Menembak bola
• Mengontrol bola
• Menggiring bola
• Menyundul bola
• Lemparan kedalam
• Gerak tanpa bola
Bolavoli:
• Passing bawah
• Passing atas
• Servis bawah
• Servis atas
• Smash/spike
• Block/ bendungan

Bolabasket:
• Melempar bola
• Menangkap bola
• Menggiring bola
• Menembak bola
• Lay Up shoot
• Pivot
• Rebound
Softball:
• Melempar, 
• Menangkap,
• Memukul bola menggunakan pemukul,
• Berlari ke base,
• Mematikan lawan.

Bulutangkis:
• Posisi berdiri dan foot work,
• Pegangan raket,
• Pukulan atas dan bawah,
• Servis
Tenis Meja:
• Memegang bet
• Pukulan forehand dan backhand
• Servis
Jalan Cepat:
• Start
• Gerakan jalan cepat
• Memasuki garis  finis

Lari Jarak Pendek:
• Start
• Gerakan lari jarak pendek
• Memasuki garis  finis

Lompat Jauh:
• Awalan
• Tolakan
• Melayang di udara
• Mendarat

Tolak Peluru:
• Memegang peluru
• Awalan
• Menolak peluru
• Gerak lanjutan

Pencaksilat:
• Kuda-kuda
• Pola langkah
• Pukulan
• Tendangan
• Tangkisan
• Elakan
• Hindaran

Latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan:
• Komposisi tubuh
• Daya tahan jantung dan paru-paru/ cardivascular
• Daya tahan otot
• Kelentukan
• Kekuatan
• Pengukuran kebugaran jasmani

Senam Lantai
• Lompat kangkang
• Lompat jongkok
Aktivitas Gerak Berirama:
• Langkah
• Ayunan Lengan
Renang:
• Gerakan kaki
• Gerakan tangan
• Pengambilan napas
• Koordinasi gerakan
Pergaulan sehat:
• Konsep pergaulan sehat
• Prinsip pergaulan sehat
• Menghindari Pergaulan yang tidak sehat
• Dampak pergaulan yang tidak sehat

NAPZA:
• Peraturan perundangan
• Konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar .
• Penyebab
• Gejala
• Dampak
• Pencegahan

Kegiatan Pembelajaran
• Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang keterampilan gerak permainan sepakbola (mengumpan bola, menembak bola, mengontrol bola, menggiring bola, menyundul bola, lemparan kedalam, gerak tanpa bola)
• Siswa mencoba dan melakukan keterampilan gerak permainan sepakbola (mengumpan bola, menembak bola, mengontrol bola, menggiring bola, menyundul bola, lemparan kedalam, gerak tanpa bola)
• Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru
• Siswa memperagakan hasil belajar keterampilan gerak permainan sepakbola ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri
• Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak permainan bolavoli (passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, smash/ spike, block/bendungan) dengan berbagai bagian posisi
• Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran.
• Siswa menerima umpan balik dari guru.
• Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan
• Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan bolavoli ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri
• Siswa mendapatkan pasangan sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan
• Siswa bersama pasangan menerima dan mempelajari lembar kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola, lay up shoot, pivotdan rebound) dengan berbagai posisi)
• Siswaberbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku”dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja)
• Siswa berganti peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru
• Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan bolabasket ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
• Siswa mendapatkan pasangan sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan
• Siswa bersama pasangan menerima dan mempelajari lembar kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak permainan softball (melempar,  menangkap, memukul bola menggunakan pemukul, berlari ke base, dan mematikan lawan).
• Siswaberbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku”dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja)
• Siswa berganti peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru
• Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan softballke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
• Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak permainan bulutangkis (posisi berdiri dan footwork, pegangan raket, pukulan atas dan bawah, dan servis)
• Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran
• Siswa menerima umpan balik dari guru.
• Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan
• Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan bulutangkiske dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri.
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
• Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang keterampilan gerak permainan tenis meja (memegang bet, pukulan forehand dan backhand, dan servis)
• Siswa membagi diri ke dalam delapan kelompok sesuai dengan materi (materi menjadi nama kelompok, contoh kelompok memegang bet, kelompok pukulanforehand, dan seterusnya). Di dalam kelompok ini setiap siswa secara berulang-ulang mempraktikkan gerak sesuai dengan nama kelompoknya
• Setiap anggota kelompok berkunjung ke kelompok lain untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke kelompok lain setelah mendapatkan aba-aba dari guru
• Setiap anggota kelompok kembali ke kelompok masing-masing untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke kelompoknya sendiri setelah mendapatkan aba-aba dari guru
• Siswa menerima umpan balik secara individual maupun klasikal dari guru.
• Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan tenismeja ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri
• Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak jalan cepat (gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis  finis).
• Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran.
• Siswa menerima umpan balik dari guru.
• Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan
• Siswa mencoba tugas keterampilan gerak jalan cepatke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
• Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang keterampilan gerak lari jarak pendek (gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis  finis)
• Siswa mencoba dan melakukan keterampilan gerak lari jarak pendek  (gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis  finis) dengan berbagai posisi baik tanpa awalan maupun dengan awalan
• Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru
• Siswa memperagakan hasil belajar keterampilan gerak lari jarak pendek ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
• Siswa menerima dan mempelajari lembar periksa sendiri (selfcheck sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak lompat jauh (gerak awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat)
• Siswa mencoba melakukan gerak sesuai dengan gambar dan diskripsi yang ada pada lembar periksa sendiri
• Siswa melakukan tugas gerak dan memeriksa keberhasilannya sendiri (sesuai indikator atau tidak) secara berurutan satu persatu. Jika telah menguasai gerakan pertama (tolakan/tumpuan), maka dipersilahkan untuk melanjutkan ke gerakan kedua (awalan), dan jika belum maka harus mengulang kembali gerakan pertama. Demikian seterusnya hingga tuntas seluruh materi.
• Siswa mendapatkan umpan balik secara intrinsik (intrinsic feedback) dari diri sendiri
• Siswamelakukan keterampilan gerak lompat jauh ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional yang dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama
• Umpan balik disediakan dalam lembar periksa sendiri, dan secara oleh siswa.
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
• Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak tolak peluru (gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, gerak lanjutan)
• Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran
• Siswa menerima umpan balik dari guru
• Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan
• Siswa mencoba tugas keterampilan gerak tolak peluruke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
• Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang berbagai keterampilan gerak beladiri (sikap kuda-kuda dan pola langkah, serangan dengan tangan, serangan dengan kaki, belaan, dan elakan)
• Siswa membagi diri ke dalam kelompok sesuai dengan petunjuk guru
• Siswa merancang rangkain gerak (jurus) seni beladiri sesuai dengan gerakan yang dikuasai dan kreativitas kelompok dalam bentuk tulisan dan gambar (paling tidak memuat dua puluh gerakan dan menuju tiga arah
• Setiap anggota kelompok mencoba secara bersama-sama hasil rancangan jurus tersebut dan saling memberikan umpan balik
• Siswa memaparkan hasil rancangan kelompoknya, disertai peragaan seluruh anggota kelompok secara bergantian di depan kelasdilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, keberanian, dan kerja sama
• Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang berbagai latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (komposisi tubuh, daya tahan jantung dan paru-paru (cardivascular), daya tahan otot, kelentukan, dan kekuatan), serta pengukurannya
• Siswa mencoba latihan dan pengukuran kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan yang telah diperagakan oleh guru
• Siswa mempraktikkan secara berulang berbagai latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukurannya sesuai dengan komando dan giliran yang diberikan oleh guru dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama
• Siswa menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara klasikal
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

• Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan rangkaian gerak senam lantai (lompat kangkang dan lompat jongkok)
• Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran
• Siswa menerima umpan balik dari guru
• Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan
• Siswa mencoba tugas keterampilan rangkaian gerak senam lantai dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, keberanian, dan kerja sama
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
• Siswa menyimak tujuan pembelajaran, dan penjelasan permasalahan yang akan diselesaikan mengenai rangkaian keterampilan gerak dalam aktivitas gerak berirama (langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak)
• Siswa menyimak langkah-langkah menyelesaikan masalah dalam aktivitas gerak berirama
• Siswa mengumpulkan informasi yang sesuai, mencoba gerak dasar berirama untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, serta menerima umpan balik dari guru
• Siswa berbagi tugas dengan teman dalam merencanakan dan menyiapkan karya sebagai laporan untuk menjawab permasalahan sesuai arahan guru
• Siswa bersama kelompok memaparkan temuan dan karyanya di depan kelas secara bergantiandilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran berdasarkan kualitas laporan dan dalam mengatasi persoalan.
• Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang berbagai keterampilan gerak aktivitas airrenang gaya bebas (gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan)
• Siswa mencoba keterampilan gerak aktivitas air yang telah diperagakan oleh guru
• Siswa mempraktikkan secara berulang berbagai keterampilan gerak aktivitas air sesuai dengan komando dan giliran yang diberikan oleh guru dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, keberanian, dan kerja sama
• Siswa menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara klasikal
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran
• Siswa membagai diri menjadi empat kelompok/sesuai dengan pokok bahasan (konsep pergaulan sehat, prinsip pergaulan sehat, pergaulan tidak sehat, dan dampak pergaulan tidak sehat)
• Setiap kelompok berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi pada karton untuk ditempel di dinding dan dibaca oleh kelompok lain
• Setiap anggota kelompok membaca dan mencatat hasil diskusi kelompok lain yang ditempel, kemudian membuat pertanyaan sesuai dengan pokok bahasan tersebut (paling sedikit satu pertanyaan setiap kelompok/empat pertanyaan)
• Setiap kelompok mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh kelompok lain yang membahas pokok bahasan sesuai pertanyaan tersebut
• Setiap kelompok menyusun simpulan akhir dan membacakannya di akhir pembelajaran secara bergiliran dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama
• Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

• Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,  zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya serta penyebab; gejala;  dampak pengguna narkoba
• Siswa melaporkan/ mempresentasikan hasil pengamatan dihadapan guru dan teman sekelas tentang peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,  zat-zat aditif (NAPZA)
• Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru
• Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi tentang peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,  zat-zat aditif (NAPZA) secara individual atau berkelompok dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan artikel ini, dan untuk lebih lengkap dan jelas mengenai SILABUS Mata Pelajaran PJOK Kelas X XI XII dapat Bapak dan Ibu download pada link di bawah ini dalam bentuk ms.word.
Download Silabus PJOK Kelas 10, 11, 12 SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Kelas 2 Semester 2 Bahasa Jawa

Download RPP Kewajiban dan Hakku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Sunda Tahun 2020