RPP Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku K13 Revisi 2017

RPP Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku K13 Revisi 2017
Melanjutkan pembahasan kami mengenai Rencana Pelaksaan pembelajaran Kurikulum 2013 untuk kelas IV, kembali pada artikel ini Admin akan membagikan contoh file RPP secara lengkap sebagai perangkat pembelajaran yang harus Bapak dan Ibu miliki dan buat sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran Tema 8 Daerah Temapat tinggalkan beserta Subtema 1, 2, 3, dan 4. File tersebut pada kesempatan artikel ini akan Admin bagikan melalui link download di bawah ini.

Format dan contoh RPP yang Admin bagikan ini merupakan K13 revisi 2017 yang di susun berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016. selengkapnya mengenai Rencana Pelaksaan Pembelajaran kelas 4 ini Admin telah meniliskan gambarannya di bawah ini:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017

Satuan Pendidikan     : SD/MI
Kelas / Semester     :  4 /2
Tema                           :  8. Daerah Tempat Tinggalku
Sub Tema                   :  2. Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
Muatan Terpadu        :  IPA, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR

Muatan: IPA
No    Kompetensi Dasar
3.4

        Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.
4.4    Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.

Muatan: Bahasa Indonesia
No    Kompetensi Dasar
3.9    Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.9 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual 

C.    TUJUAN

1.    Dengan kegiatan mengamati gambar keunikan suatu daerah, siswa dapat mengidentifikasi keunikan daerah tempat tinggalnya.
2.    Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menuliskan
tokoh-tokoh dalam cerita fiksi.
3.    Dengan kegiatan mengamati gambar orang mendorong dan menarik gerobak, siswa dapat menyebutkan beragam gaya yang terdapat di lingkungan sekitar.
4.    Dengan kegiatan mencoba melakukan percobaan gaya tarikan, siswadapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerakan benda.

D.    MATERI
1.    Siswa dapat mengidentifikasi keunikan daerah tempat tinggalnya.
2.    Siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita fiksi.
3.    Siswa dapat menyebutkan beragam gaya yang terdapat di lingkungan sekitar.
4.    Siswa dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerakan benda.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan     : Scientific
Strategi        : Cooperative Learning
Teknik        : Example Non Example
Metode        : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan    Deskripsi Kegiatan    Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan    1.    Guru memberikan salam
2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.    Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.    Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
•    Apa yang tergambar pada sampul buku.
•    Apa judul buku
•    Kira-kira ini menceritakan tentang apa
•    Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
1.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
2.    Guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan yang ada di buku siswa.
3.    Guru dapat menceritakan mengenai keunikan daerah tempat tinggal guru.
4.    Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa keunikan daerah tempat tinggalmu?
5.    Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.

Inti    AYO MENGAMATI
1.    Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati gambar keunikan Daerah Istimewa Yogyakarta.
2.    Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa saja keunikan Daerah Istimewa Yogyakarta yang tampak pada gambar?
3.    Siswa diminta menjelaskan mengenai keunikan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tiap-tiap gambar.
4.    Guru menjelaskan kepada siswa bahwa keunikan suatu daerah berbeda-beda. Keunikan tersebut dapat berupa alam dan budaya suatu daerah.
5.    Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa saja keunikan daerah tempat tinggalmu?
6.    Siswa dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya surat kabar,majalah, atau internet.
7.    Siswa diminta menjawab pertanyaan dalam kotak yang telah disediakan.
8.    Siswa membaca narasi pada buku siswa.
9.    Guru memberikan penjelasan awal mengenai salah satu keunikan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Candi Prambanan.

AYO MEMBACA
1.    Siswa membaca teks cerita rakyat berjudul ”Roro Jonggrang” pada buku siswa.
2.    Alternatif kegiatan membaca:
1.  Alternatif 1:
Guru memberikan waktu selama 10menit dan siswa diminta membacadalam hati.
2. Alternatif 2:
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Alternatif 3:
Teks cerita dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
1.    Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai teks fiksi. Teks fiksi yang dimaksud dalam pembelajaran ini adalah cerita fiksi.
2.    Guru dapat mengajak siswa untuk bertanya jawab mengenai cerita fiksi yang telah dipelajari sebelumnya.

3.    Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
4.    Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa mengenai cerita fiksi.
5.    Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa yang mengalami kesulitan.

AYO MENGAMATI

1.    Guru membuat jembatan untuk mengantarkan pembelajaran dari materi cerita fiksi ke materi gaya, misalnya dengan mengatakan, “Candi Prambanan adalah warisan budaya yang patut dilestarikan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan kawasan candi. Kebersihan dijaga dengan mempekerjakan petugas kebersihan. Petugas kebersihan membersihkan kawasan candi dengan peralatan salah satunya berupa gerobak sampah.”
2.     Siswa diajak mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
3.    Guru memberi stimulus kepada siswa melalui pertanyaan: Apakah yang dilakukan petugas kebersihan pada gambar?
4.    Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
5.    Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa yang mengalami kesulitan.
6.    Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya di depan kelas.
7.    Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan pengertian gaya berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan. Gaya dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda.


AYO MENCOBA
1.    Siswa telah memahami bahwa gaya dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda. Selanjutnya, siswa diajak untuk melakukan percobaan untuk mengetahui macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda.
2.    Langkah percobaan pertama dilakukan secara berpasangan.
3.    Siswa menyiapkan alat yang diperlukan dengan bimbingan guru.
4.    Siswa mengikuti langkah percobaan pertama pada buku siswa.
5.    Setelah selesai melakukan langkah percobaan pertama, siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban pertanyaan sesuai dengan hasil percobaan yang dilakukan siswa.
6.    Setelah selesai melakukan langkah percobaan pertama, guru mengajak siswa melakukan langkah percobaan kedua.
7.    Langkah percobaan kedua dilakukan secara individu.
8.    Siswa menyiapkan alat yang diperlukan dengan bimbingan guru.
9.    Siswa mengikuti langkah percobaan kedua pada buku siswa.
10.    Setelah selesai melakukan langkah percobaan kedua, siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban pertanyaan sesuai dengan hasil percobaan yang dilakukan siswa.
11.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan kesimpulan hasil percobaan pertama dan kedua di depan kelas.
12.    Siswa diminta membaca macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda seperti tercantum pada buku siswa.
13.    Siswa diajak bertanya jawab mengenai contoh lain pengaruh gaya terhadap gerakan benda dalam kehidupan sehari-hari.
14.    Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
15.    Siswa menuliskan lima contoh peristiwa yang menunjukkan gerakan benda akibat gaya pada buku siswa.

AYO MERENUNGKAN
1.    Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:  Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini? Materi apa yang sudah kamu pahami dengan baik? Materi apa yang masih belum kamu pahami? Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut mengenai materi yang telah dipelajari? Bagaimana perasaanmu selama belajar? Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
2.    Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai pembelajaran yang dilakukan

KERJASAMA DENGAN ORANG TUA

1.    Siswa mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya buku cerita rakyat dari berbagai daerah dan internet mengenai cerita rakyat yang berasal dari daerah siswa.
2.    Siswa menceritakan kembali cerita rakyat yang diperoleh kepada orang tua siswa. Siswa juga menyebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita.
3.    Siswa menuliskan kembali cerita rakyat yang diperoleh beserta tokoh-tokohnya.
       
Kegiatan
Penutup    1.    Guru menutup pelajaran dengan siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
2.    Kelas ditutup dengan doa bersama.        15
    menit
Baca juga RPP Kelas IV K13 Revisi 2017 Tema Indahnya Keragaman di Negeriku

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.    Buku Pedoman Guru Tema 8 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2.    Buku siswa
3.    Buku cerita rakyat dari berbagai daerah
4.    Gambar keunikan suatu daerah
5.    bahan dan alat untuk melakukan percobaan gaya (bola, mobil mainan, dan tali)
6.    Alat tulis (misalnya, pensil dan pulpen).

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Selengkapnya mengenai RPP kelas 4 K13 Tema 8 tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh sesuai dengan Subtemanya masing-masing pada link di bawah ini:
Sub Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku  Unduh | Baca
Sub Tema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Unduh | Baca
Sub Tema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Unduh | Baca
Sub Tema 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi Unduh | Baca

Semoga file perangkat pembelajaran RPP yang Admin sajikan pada kesempatan artikel ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kegiatan pembelajaran yang sedang Bapak dan Ibu laksankan. Sekian yang dapat Admin sampaikan, referensi artikel ini dari www.tentangpendidikan.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Kelas 2 Semester 2 Bahasa Jawa

Download RPP Kewajiban dan Hakku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Sunda Tahun 2020