RPP PAI Kelas 8 Kurikulum 2013 SMP/MTs Semester 1 dan 2

Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kami bagikan ini sangatlah penting dan tentunya Bapak dan Ibu butuhkan sebagai sebuah contoh dalam pembuatan RPP PAI Kelas 8 Kurikulum 2013 SMP/MTs Semester 1 dan 2 . Kami membagikan Rencana Pelaksaan Pembelajaran ini untuk membantu Bapak dan Ibu yang pada saat ini sedang mencari dan membutuhkan file tersebut.

Berikut link download yang kami sajikan secara lengkap untuk RPP PAI Kelas 8 K13 Semester 1 dan 2, Silahkan Bapak dan Ibu untuk mengunduhnya sesuai dengan kebutuhannya.
RPP PAI Kelas 8 Kurikulum 2013 SMP/MTs Semester 1 dan 2

RPP PAI Kelas VIII Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.1.docx
RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.2.docx
RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.3.docx
RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.4.docx
RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.5.docx
RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.6.docx
RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.7.docx
RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.8.docx
RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.9.docx
RPP Agama Islam K13 Revisi Kelas 8 Download RPP PAI 8.10.docx

Berikut sekilas gambaran untuk RPP PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 Semester 1 Materi Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana
Baca Juga:

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Bakongan
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Materi Pokok : Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Kompotensi Inti

KI.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI.2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..

KI.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.


KI.4
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapain Kompetensi


1.1 Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.

2.1 Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8 dan hadits terkait

3.1 Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; serta hadits terkait

4.1
4.1.1 Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63 dan Al-Isra’ (17): 27 dengan tartil

4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’ (17): 27 serta Hadits terkait


C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :

Menjelaskan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.

D. Materi Pembelajaran

Menjelaskan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.

E. Metode Pembelajaran

Metode : Saintifik, PBL ( Problem Based Learning ).


F. Sumber Belajar.

1. Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI

2. Buku Teks PAI kelas VIII

3. Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII

4. CD/Video Pembelajaran Interaktif


G. Media Pembelajaran.

1. Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI

2. Alat dan bahan

- LCD Projektor

H. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.

1. Pendahuluan (15 Menit )

a. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan kebersihan kelas, berdoa, absensi.

b. Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukan gambar kemudian menanyakan gambar tersebut kepada peserta didik.

c. Guru memberi informasi tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

2. Kegiatan Inti ( 50 )

Mengamati

· Mengamati teks atau tayangan yang Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27 untuk memotivasi semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an.
· Menyimak dan membaca Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; serta hadits tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana.
· Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan mim sukun.
· Menelaah arti Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27;

Menanya

· Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang keutamaan menbaca Al-Qur’an dan ilmu tajwid serta hikmah yang terkandung di dalamnya.
· Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan Mim Sukun dana macam-macamnya.

Eksperimen/explore

· Secara individu maupun kelompok mencari dan menyusun lafadz atau kalimat yang mengandung hukum bacaan Mim Sukun pada Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.
· Menyusun dan memasangkan lafadz dengan artinya baik secara individu maupun kelompok pada Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.
· Secara berpasangan menghafalkan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.

Asosiasi

· Secara individu maupun kelompok menganalisis lafadz-lafadz yang mengandung hukum bacaan izhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgam mutamasilain.
· Secara individu maupun kelompok menganalisis lafadz-lafadz yang sudah sesuai dengan artinya.
· Menyimpulkan isi kandungan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.

Komunikasi

· Menunjukkan/memaparkan hasil analisis tentang hukum bacaan mim sukun yang terkandung dalam Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27
· Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.
· Memaparkan kesimpulan isi kandungan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27.

3. Penutup.
- Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
- Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan.
- Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang

I. Penilaian

1. Sikap Spiritual
Teknik : Penilaian antarteman
Bentuk Instrumen :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Kelas 2 Semester 2 Bahasa Jawa

Download RPP Kewajiban dan Hakku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Sunda Tahun 2020