RPP Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat K13 Revisi 2017

RPP Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat K13 Revisi 2017
File RPP yang Admin bagikan ini untuk kegiatan pembelajaran semester 2 yang tentunya akan Bapak dan Ibu butuhkan baik sebagai contoh, referensi ataupun pegangan Guru. Rencana Pelaksaan pembelajaran yang Admin share ini untuk Kelas 6, RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat. Kompetensi Inti (KI) pada Tema 6 ini yaitu KI 1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya, KI 2 Memiliki perilaku jujur, Peduli, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru, KI 3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan KI 4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

RPP pada Tema 6 ini terdiri dari 3 Sub tema dan 6 Pembelajaran. Bagi Bapak dan Ibu Guru Kelas 6 yang membutuhkannya dapat download file lengkapnya pada link di bawah ini. Sebelum menuju pada link, mari kita simak gambaran dari salah satu RPP Tema 6 Sub tema 1 Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat, Pembelajaran 1 di bawah ini:

RPP Kelas VI Tema 6 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan     :    _________________________________
Kelas / Semester     :      VI (Enam) / 2
Tema 6    :      Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 1    :    Lingkungan Sehat Masyarakat Sehat
Pembelajaran    :      1
Alokasi Waktu    :    1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1    :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :    Memiliki perilaku jujur, Peduli, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.1     Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2     Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1     Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1     Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1     Mengumpulkan informasi penting dari teks laporan investigsi tentang campuran dan larutan
4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1    Menulis teks laporan investigasi tentang campuran dan larutan

IPA
1.1     Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; Kerja sama; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.4     Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1     Membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan
4.1     Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1     Melaporkan secara tertulis hasil percobaan tentang campuran dan larutan
IPS
1.1     Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
1.3     Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusi dan lingkungannya
2.3     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
3.5     Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1     Menjelaskan pengaruh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
4.5     Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5.1     Mengomunikasikan pengarunh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
Baca juga : RPP Kelas 4 Semester 2 K13 Revisi 2017
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Melati untuk hidup sehat dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung Sehat Melati untuk hidup sehat dengan menunjukkan sikap peduli.
Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu membedakan campuran dan larutan berdasarkan pengamatan dengan menunjukkan sikap peduli.
Setelah melakukan percobaan dan berdiskusi, siswa mampu membuat laporan secara tertulis untuk hasil percobaan tentang campuran dan larutan dengan benar.
Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menulis laporan percobaan dengan menggunakan kalimat efektif dan kata baku

E.    MATERI PEMBELAJARAN
Eksplorasi untuk membedakan campuran dan larutan

Menulis teks laporan investigasi berdasarkan pengamatan.
Menelaah interaksi manusia dan lingkungan terkait kesehatan masyarakat

F.    METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan    :     Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
Metode    :    Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
Inti
Penutup

Deskripsi Kegiatan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Menuju Masyarakat Sehat”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan masyarakat di ‘Kampung Sehat Melati’. (Mengamati)
Mintalah siswa untuk mengamati gambar dengan saksama.
Siswa mendiskusikan hal tersebut dengan kelompoknya. (Mengekplorasi)
Guru meminta satu kelompok untuk mempresen-tasikan hasil diskusinya di depan kelas. (Mengekplorasi)
Siswa lain bisa bertanya, memberikan pendapat atau sanggahan dari presentasi temannya. (Mengasosiasi)
Siswa membaca teks dengan membaca teks dalam hati. Waktu untuk membaca teks adalah 5 menit. (Mengamati)
Setelah membaca teks, setiap siswa membuat 2 pertanyaan tentang teks yang dibacanya. (Menanya)
Dalam kelompok, siswa mendiskusikan pertanyaan yang dibuat.
Hasil diskusinya ditulis pada kalender bekas. (Mengasosiasi)
Setiap perwakilan kelompok berkeliling ke kelompok lain untuk melihat hasil.
Perpindahan ditandai dengan aba-aba tepuk tangan 3 kali dari guru.
Siswa secara individu mengisi grafik organizer tentang “Kegiatan Masyarakat di Kampung Sehat Melati” yang ada di buku siswa.
Siswa menulis kesimpulan tentang kaitan antara kegiatan PHBS yang dilakukan masyarakat dengan kesehatan masyarakat. (Mengasosiasi)
Siswa memberikan contoh kegiatan PHBS yang dilakukan di lingkungan masyarakat mereka.
Siswa menyampaikan hasilnya secara berpasangan. (Mengkomunikasikan)
Siswa mengamati kembali gambar kegiatan warga di Kampung Sehat Melati. (Mengamati)
Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. (Menanya)
Guru meminta beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya di depan kelas
Guru memberikan penguatan.
Siswa menjawab pertanyaan di buku siswa.
 Siswa mengamati gambar proses pembuatan oralit.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 siswa.
Setiap kelompok mempraktikkan proses pembuatan oralit. (Mengekplorasi)
Setelah melakukan percobaan, siswa mendiskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok.
Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
Guru memberikan penguatan.
Siswa menulis laporan berdasarkan hasil percobaan (Mengekplorasi)
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada per-temuan berikutnya.
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

H.    SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
 Buku Siswa Tema : ”Menuju Masyarakat Sehat ” Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
Gelas
Garam
Air

I.    PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap: tanggung jawab, Kerja sama, dan Peduli.
b.     Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c.     Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2.   Bentuk Instrumen Penilaian
Download File:
RPP Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat K13 Revisi 2017

Tujuan Admin membagikan file RPP ini yaitu untuk membantu setiap Guru SD/MI yang pada saat ini sedang melengkap file perangkat pembelajarannya berupa RPP untuk Tema 6. Semoga hadirnya RPP untuk Kelas 6 ini dapat memberikan manfaat dalam pelaksaan kegiatan pembelajaran yang di laksanakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Kelas 2 Semester 2 Bahasa Jawa

Download RPP Kewajiban dan Hakku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Sunda Tahun 2020