Instrumen dan Format Penilaian Sikap SMP/ MTs Kurikulum 2013 Tahun 2019

Salah satu yang perlu Bapak dan Ibu laksanakan dalam kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 yaitu Penilaian. Salah satu kegiatan penilaian yang perlu Bapak dan Ibu laksanakan yaitu penilaian Sikap. Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan. Kompetensi sikap yang dimaksud dalam panduan ini adalah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku.

Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran di jenjang SMP MTs merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.

Dalam pelaksanaan kegiatan penilaian tersebut Bapak dan Ibu tentunya membutuhkan instrumen dan format yang benar, sudahkah Anda memilikinya? maka dari itu membantu Bapak dan Ibu, Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikannya secara lengkap untuk pembelajaran K13 di tahun 2019. Selengkapnya mengenai file tersebut dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini.
Download Contoh Instrumen dan Format Penilaian Sikap SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan untuk penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek dan skala penilaian (rating scale) dengan teknik sosiometri berbasis kelas. Guru dapat menggunakan salah satu dari keduanya atau menggunakan dua-duanya.

Selengkapnya mengenai file tersebut, dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini dalam bentuk docx atau ms.word.
Instrumen dan Format Penilaian Sikap SMP/ MTs Kurikulum 2013 Tahun 2019 DOWNLOAD

Demikian yang dapat Admin bagikan, semoga instrumen penialian Kurikulum 2013 yang Admin bagikan pada artikel ini dapat memberikan manfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Kelas 2 Semester 2 Bahasa Jawa

Download RPP Kewajiban dan Hakku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Sunda Tahun 2020